Setting Custom URL di Google Apps for Work

Setting Custom URL di Google Apps for Work

Hallo sobat, bagi kamu yang ketinggalan informasi, tidak ada salahnya baca-baca dulu tulisan saya sebelumnya tentang cara daftar dan membuat email di Google Apps for Works . Selain itu baca juga cara setting gmail di Google Apps for Work. Bagi kamu yang sudah mengikuti kedua tutorial tersebut dan berhasil, selamat ya, sekarang kamu sudah memiliki akun email eksklusif dengan nama domain kamu sendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba melakukan kostumisasi  atau mengganti URL yang digunakan untuk mengakses email eksklusif kamu. 

Jadi sebelum diganti, secara default, email eksklusif dapat kamu akses melalui alamat https://mail.google.com/a/namadomainkamu.com misalnya jika domain kamu adalah bukumurah.com maka email nya diakses melalui alamat https://mail.google.com/a/bukumurah.com. Nanti setelah diganti maka email bisa diakses melalui http://mail.bukumurah.com. Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Login ke Google Apps for Work dan kamu akan berada di halaman Admin console berikut.

admin console pada goole apps for work
Pada Admin console di atas, klik Company profile sehingga kamu berada di halaman company profile sebagai berikut.

halaman profile

halaman profile
Pada halaman company profile di atas, ada beberapa menu, berikut ini penjelasan singkatnya.

halaman profile bisnis
Pada menu Profile kamu bisa mengatur bahasa dan zona waktu yang digunakan.

halaman communication preferences
Pada menu Communication preferences kamu bisa mengatur email tentang apa saja yang mau kamu terima.

halaman personalisasi
Pada menu Personalization kamu bisa mengganti logo untuk bisnis kamu. Caranya adalah tandai pilihan Custom logo, pilih file gambar dan klik UPLOAD. Gambar yang digunakan harus format PNG atau GIF dengan ukuran tidak melebihi 320 x 132 piksel.

setting custom url di google apps for work

Pada menu Custom URLs kamu bisa mengganti alamat URL yang akan dgunakan untuk mengakses berbagai aplikasi yang ada pada Google Apps for Work. Caranya adalah tinggal kamu ketik saja nama yang kamu inginkan, seperti pada kotak merah pada gambar. Setelah itu klik Save maka akan muncul tampilan berikut.

membuat cname record
Setelah mengganti URL, kamu diminta untuk membuat beberapa CNAME record baru pada domain kamu. Jadi sekarang kamu buka tab baru di browser lalu masuk ke menu DNS setting pada domain kamu. Tambahkan lima buat CNAME record berikut ini

HOST ADDRESS
mail         ghs.googlehosted.com
calendar         ghs.googlehosted.com
drive         ghs.googlehosted.com
sites         ghs.googlehosted.com
group ghs.googlehosted.com

Jika sudah selesai, kembali ke halaman Google Apps for Work lalu klik I’VE COMPLETED THESE STEPS. Selanjutnya kamu perlu menunggu selama beberapa jam sampai setting CNAME bekerja dan setelah itu URL baru sudah bisa diakses.

Demikian tutorial cara setting custom URL di Google Apps for Work. Semoga tulisan ini membantu kamu.

Sumber : http://www.romlisapermana.com/2015/08/setting-custom-url-di-google-apps-for-work.html
Previous
Next Post »
0 Komentar