10 Fitur Google Analytic Yang Wajib di Ketahui

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah tool dari Google yang bisa digunakan untuk memantau statistik pengunjung dari blog atau website yang kamu punya. Layanan Google Analytics bisa kamu gunakan secara gratis, cukup login dengan menggunakan akun gmail kamu. Setelah itu kamu bisa memanfaatkan beragam fitur yang super keren untuk memantau traffic blog kamu.

Fitur-fitur Google Analytics

Berikut akan saya jelaskan beberapa fitur penting dari Google Analytics

1. Real-Time > Overview

cara mengetahui traffic blog dengan google analytics

Pada halaman Realtime-Overview, kamu bisa melihat berapa banyak pengunjung yang saat ini sedang melihat blog kamu, halaman apayang sedang mereka lihat. Manfaat besar fitur ini adalah ketika kamu hendak mengedit suatu halaman atau postingan, pastikan bahwa halaman yang kamu edit bukan halaman yang sedang dilihat oleh pengunjung.

2. Acquisitions > Overview
aquisitions overview

Pada halaman Acquisitions > Overview, kamu bisa mengetahui dari mana asal pengunjung blog kamu. Sebagai contoh, Direct berarti pegunjung langsung mengetik alamat blog kamu di browser mereka. Organic artinya pengunjung yang datang dari mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu. Refferal berarti pengunjung yang datang dari situs atau website lain yang ada link ke blog kamu. Bagi seorang pebisnis online, traffic source sangat penting untuk mengetahui biaya iklan yang dikeluarkan apakah sudah sesuai dengan jumlah traffic yang mengalir atau belum.

3. Audience > Overview > City
Pada halaman Audience > Overview > City kamu bisa melihat dari kota mana saja pengunjung berasal. Bagi pemilik bisnis tentu saja hal ini cukup bermanfaat. Dia bisa tahu di kota-kota mana saja produknya laris terjual. Sehingga dia bisa menentukan strategi misalnya mengadakan promo di kota-kota yang banyak pengunjungya sehingga bisa meningkatkan penjualan produk. 

4. Audience > Overview > Browser and Screen Resolution
Pada halaman ini kamu bisa mengetahui browser apa saja dan berapa besar screen resolution yang digunakan oleh pengunjung. Dengan demikian kamu bisa menentukan pengembangan blog atau website sperti apa yang lebih diprioritaskan apakah versi desktop atau versi mobile.

5. Behaviour > Behaviour Flow
google analytics behaviour flow

Pada halaman behaviour flow  kamu akan mendapatkan informasi tentang kelakuan pengunjung blog kamu. Contohnya halaman mana saja yang paling banyak dikunjungi, halaman mana yang menjadi tujuan awal kemudian halaman mana yang mereka kunjungi setelahnya. Dari data tersebut kamu bisa melakukan optimasi terhadap halaman-halaman yang paling sering dikunjungi. Halaman visitor flow disajikan dalam bentuk gambar sehingga mudah dipahami.

6. Behaviour > Site Content > All Pages
Halaman ini hampir sama dengan halaman behaviour flow. Perbedaannya adalah pada halaman behaviour flow, data disajikan dalam bentuk gambar sedangkan pada halaman Site Content data disajikan dalam bentuk tabel dan berisi data yang lebih detil seperti Bounce Rate, AVerage Time dan sebagainya.

7. Behaviour > In-page Analytic
Pada halaman ini kamu bisa melihat konten apa saja yang sering diklik oleh pengunjung blog kamu. Dengan demikian kamu bisa menentukan strategi yang tepat misalnya untuk menentukan posisi iklan yang tepat di blog kamu.

8. Behaviour > Site Content > Landing Page and Exit Page
Landing page adalah halaman yang menjadi tujuan awal dari pengunjung blog kamu sedangkan exit page adalah halaman  dimana pengunjung meninggalkan blog kamu. jadi bisa dibilang kedua halaman ini adalah seperti pintu masuk dan pintu keluar dari blog kamu. Dengan mengetahui landing page dan exit page kamu bisa melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan terutama pada kedua halaman ini agar pengunjung betah berada di blog kamu.

9. Acquisition > All Traffic > Channels > Keyword
Keyword adalah kata kunci yang orang ketik di mesin pencari semacam google, yahoo dan sebagainya. Pada halaman ini kamu bisa mengetahui dengan keyword apa suatu halaman diblog kamu bisa tampil di mesin pencari dan mendatangkan pegunjung. Sangat penting buat kamu untuk mengetahui keyword yang banyak mendatangkan pengunjung agar kamu bisa memperbanyak pengunjung yang datang dari mesin pencari.

10. Acquisition > All Traffic > Channels > Sosial
Pada halaman ini kamu bisa mengetahui seberapa banyak traffic yang datang dari  sosial media. Sosial media adalah salah satu sumber traffic yang penting untuk meningkatkan traffic ke blog kamu.

Itulah beberapa fitur yang sangat penting untuk kamu ketahui dari Google Analytics. Dengan mengetahui traffic dan kelakuan (behaviour) dari pengunjung, kamu bisa menentukan strategi yang tepat untuk memaksimalkan blog kamu. Dan yang lebih hebat lagi, Google Analytics sekarang sudah tersedia dalam aplikasi Android jadi kamu bisa memantau perkembangan blog kamu dari Android kesayangan kamu. Download aja Google Analytics dari Play Store.

Demikian tulisan saya mengenai fitur-fitur Google Analytics yang wajib kau ketahui. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu.

Sumber : http://www.romlisapermana.com/2015/08/cara-mengetahui-traffic-blog-dengan-google-analytics.html
Previous
Next Post »
0 Komentar