Apa itu Google Analytics?
Google
Analytics adalah tool dari Google yang bisa digunakan untuk memantau
statistik pengunjung dari blog atau website yang kamu punya. Layanan
Google Analytics bisa kamu gunakan secara gratis, cukup login dengan
menggunakan akun gmail kamu. Setelah itu kamu bisa memanfaatkan beragam
fitur yang super keren untuk memantau traffic blog kamu.
Fitur-fitur Google Analytics
Berikut akan saya jelaskan beberapa fitur penting dari Google Analytics
1. Real-Time > Overview
Pada halaman
Realtime-Overview, kamu bisa melihat berapa banyak pengunjung yang saat
ini sedang melihat blog kamu, halaman apayang sedang mereka lihat.
Manfaat besar fitur ini adalah ketika kamu hendak mengedit suatu halaman
atau postingan, pastikan bahwa halaman yang kamu edit bukan halaman
yang sedang dilihat oleh pengunjung.
2. Acquisitions > Overview
Pada halaman Acquisitions > Overview,
kamu bisa mengetahui dari mana asal pengunjung blog kamu.
Sebagai contoh, Direct berarti pegunjung langsung mengetik alamat blog
kamu di browser mereka. Organic artinya pengunjung yang datang dari
mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu. Refferal
berarti pengunjung yang datang dari situs atau website lain yang ada
link ke blog kamu. Bagi seorang pebisnis online, traffic source sangat
penting untuk mengetahui biaya iklan yang dikeluarkan apakah sudah
sesuai dengan jumlah traffic yang mengalir atau belum.
3. Audience > Overview > City
Pada halaman
Audience > Overview > City kamu bisa melihat dari kota mana saja
pengunjung berasal. Bagi pemilik bisnis tentu saja hal ini cukup
bermanfaat. Dia bisa tahu di kota-kota mana saja produknya laris
terjual. Sehingga dia bisa menentukan strategi misalnya mengadakan promo
di kota-kota yang banyak pengunjungya sehingga bisa meningkatkan
penjualan produk.
4. Audience > Overview > Browser and Screen Resolution
Pada halaman
ini kamu bisa mengetahui browser apa saja dan berapa besar screen
resolution yang digunakan oleh pengunjung. Dengan demikian kamu bisa
menentukan pengembangan blog atau website sperti apa yang lebih
diprioritaskan apakah versi desktop atau versi mobile.
5. Behaviour > Behaviour Flow
Pada halaman
behaviour flow kamu akan mendapatkan informasi tentang kelakuan
pengunjung blog kamu. Contohnya halaman mana saja yang paling banyak
dikunjungi, halaman mana yang menjadi tujuan awal kemudian halaman mana
yang mereka kunjungi setelahnya. Dari data tersebut kamu bisa melakukan
optimasi terhadap halaman-halaman yang paling sering dikunjungi. Halaman
visitor flow disajikan dalam bentuk gambar sehingga mudah dipahami.
6. Behaviour > Site Content > All Pages
Halaman ini
hampir sama dengan halaman behaviour flow. Perbedaannya adalah pada
halaman behaviour flow, data disajikan dalam bentuk gambar sedangkan
pada halaman Site Content data disajikan dalam bentuk tabel dan berisi
data yang lebih detil seperti Bounce Rate, AVerage Time dan sebagainya.
7. Behaviour > In-page Analytic
Pada halaman
ini kamu bisa melihat konten apa saja yang sering diklik oleh pengunjung
blog kamu. Dengan demikian kamu bisa menentukan strategi yang tepat
misalnya untuk menentukan posisi iklan yang tepat di blog kamu.
8. Behaviour > Site Content > Landing Page and Exit Page
Landing page
adalah halaman yang menjadi tujuan awal dari pengunjung blog kamu
sedangkan exit page adalah halaman dimana pengunjung meninggalkan blog
kamu. jadi bisa dibilang kedua halaman ini adalah seperti pintu masuk
dan pintu keluar dari blog kamu. Dengan mengetahui landing page dan exit
page kamu bisa melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan terutama
pada kedua halaman ini agar pengunjung betah berada di blog kamu.
9. Acquisition > All Traffic > Channels > Keyword
Keyword adalah
kata kunci yang orang ketik di mesin pencari semacam google, yahoo dan
sebagainya. Pada halaman ini kamu bisa mengetahui dengan keyword apa
suatu halaman diblog kamu bisa tampil di mesin pencari dan mendatangkan
pegunjung. Sangat penting buat kamu untuk mengetahui keyword yang banyak
mendatangkan pengunjung agar kamu bisa memperbanyak pengunjung yang
datang dari mesin pencari.
10. Acquisition > All Traffic > Channels > Sosial
Pada halaman
ini kamu bisa mengetahui seberapa banyak traffic yang datang dari
sosial media. Sosial media adalah salah satu sumber traffic yang
penting untuk meningkatkan traffic ke blog kamu.
Itulah beberapa
fitur yang sangat penting untuk kamu ketahui dari Google Analytics.
Dengan mengetahui traffic dan kelakuan (behaviour) dari pengunjung, kamu
bisa menentukan strategi yang tepat untuk memaksimalkan blog kamu. Dan
yang lebih hebat lagi, Google Analytics sekarang sudah tersedia dalam
aplikasi Android jadi kamu bisa memantau perkembangan blog kamu dari
Android kesayangan kamu. Download aja Google Analytics dari Play Store.
Demikian tulisan saya mengenai fitur-fitur Google Analytics yang wajib kau ketahui. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu.
Sumber : http://www.romlisapermana.com/2015/08/cara-mengetahui-traffic-blog-dengan-google-analytics.html
Sumber : http://www.romlisapermana.com/2015/08/cara-mengetahui-traffic-blog-dengan-google-analytics.html
0 Komentar