Situs Gratisan Untuk Inspirasi Desainer Grafis

Saya sejak dulu menyukai dunia desain grafis. Ya, walau lebih suka untuk menggambar manual dengan pensil dan tinta, tapi saya selalu kagum dengan seni komputasi grafis dan sesekali mengikuti perkembangannya lewat internet. Apalagi dengan hadirnya Pinterest yang memudahkan tuk mengikuti hasil-hasil karya para seniman grafis. Wah, makin lupa waktu deh 😀
Nah, ada beberapa situs gratisan yang sering saya kunjungi. Situs-situs ini menyediakan item-item yang bisa diunduh secara gratis sebagai bahan inspirasi, seperti foto, brush, font, tekstur dan lain-lain. Dan jika Anda juga suka dengan seni grafis dan atau berminat menjadi desainer grafis, berikut 15 situs gratisan yang bisa ditelusuri untuk mengasah inspirasi:
1. CGtextures.com
CGtextures menyediakan 57 ribuan lebih pilihan tekstur secara gratis, dan untuk mengunduhnya kita harus mendaftar dulu (register) dan akan diberi quota file-file yang diunduh sebesar 15 MB per hari. Kalau ingin lebih, ada juga pilihan akun berbayarnya.
Inspirasi desain grafis di cgtextures
2. Brushking.eu
Situs ini menyediakan berbagai koleksi brush yang dikelompokkan ke dalam kategori-kategori untuk memudahkan pencarian. Kategorinya meliputi Abstract, Border/Box, Drawings, Exclusive, Fractals, Grunge, Hearts, dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga tutorial Photoshop dan berita seputar item-item baru di dunia desain grafis.
Inspirasi seni grafis dari brushking
3. Freeiconsweb.com
Sesuai dengan namanya, situs ini menyediakan beragam koleksi ikon yang bisa diunduh secara gratis. Saya yakin Anda pasti suka nongkrong di sini. Koleksinya bagus-bagus!
Download ikon gratis di freeiconsweb
4. Urbanfonts.com
Di sini banyak sekali koleksi font gratisan yang bisa diunduh. Kita bisa dengan mudah memilih font yang dibutuhkan karena masing-masing font ditampilkan dalam preview yang cukup nyaman untuk dilihat.
Download font gratis di urbanfonts
5. Smashingmagazine.com
Ada beberapa situs yang menyediakan item-item gratisan (freebies), dan salah satunya adalah di SmashingMagazine. Di sini kita bisa mengunduh ikon set, theme WordPress, file PSD, tutorial dan lain sebagainya.
Download theme WordPress gratis di SmashingMagazine
6. Freevectors.net
Situs ini menyediakan koleksi vektor-vektor ciamik, tapi kebanyakan adalah vektor hasil karya dari situs lain. Jadi kita akan diantar otomatis ke situs aslinya saat ingin mengunduh file vektor yang disediakan.
Download vector gratis di freevectors
7. Stockvault.net
Keberadaan image/foto juga merupakan salah satu komponen penting untuk inspirasi pada aktivitas desain grafis. Nah, di situs ini tersedia berbagai koleksi image yang siap diunduh. Namun beberapa image terhubung dengan situs penyedia image lain, seperti dreamstime.com. Jadi kita diharuskan tuk mendaftar (register) di situs tersebut sebelum mengunduhnya.
Download foto gratis di stockvault
8. Flickr.com/creativecommons/
Tautannya masih terhubung dengan situs Flickr.com, namun halaman ini khusus disediakan untuk menampilkan karya-karya pemilik akun Flickr.
Download foto gratis di Flickr
Yang perlu diperhatikan, untuk mengunduh image-image tersebut ada beberapa kelompok batasan penggunaan (atribut) yang harus kita ketahui, yaitu:
  • Attribution. Image yang masuk dalam kelompok ini memberikan keleluasaan bagi para pengguna image untuk menggandakan, mendistribusikan, menayangkan dan menampilkan image jika pengguna image menyebutkan sumber atau pemiliknya.
  • Noncommercial. Image dalam kelompok ini bisa digandakan, didistribusikan dan ditampilkan hanya untuk keperluan non-komersial.
  • No Derivative Works. Image dapat digandakan dan didistribusikan hanya dalam kondisi tampilan yang asli dan bukan dalam bentuk variasi atau modifikasi.
  • Share Alike. Kelompok ini untuk image yang bisa didistribusikan hanya dalam bentuk variasi atau modifikasi sesuai dengan karya yang dihasilkan.
Kadang ada beberapa image yang mengombinasikan beberapa atribut, jadi ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu dan memikirkan konsekuensi sebelum menggunakannya. Think before posting, right?
9. Squidfingers.com/patterns
Ada kurang lebih 158 pattern gratis yang bisa diunduh di sini. Sayangnya kita harus sabar dalam memilihnya karena tak tersedia kotak pencarian untuk mencari pattern kategori tertentu.
Download pattern gratis di SquidFingers
10. Gomediazine.com
Seperti SmashingMagazine, situs ini juga menyediakan item-item gratisan (freebies) yang dibagi dalam beberapa kategori, yaitu Motion, Patterns, Photoshop Actions, Plug-Ins, Presentation Templates, Textures, Vectors dan Wallpapers.
Inspirasi grafis di Gomediazine
11. PSD.Tutsplus.com
Situs ini sering jadi acuan bagi para maniak PhotoShop. Tapi ada juga lho freebies-nya. Kunjungi saja link psd.tutsplus.com/category/freebies. Di sana ada berbagai item gratisan yang siap diunduh, seperti wallpaper, brush, ikon, styles, tekstur dan lain sebagainya.
Tutorial Photoshop dan Download Gratisan di PSDtuts
12. Betterfonts.com
Mau koleksi font-font unik yang lain? Di sini tempatnya. Betterfonts menyediakan berbagai jenis font yang bisa dipilih dan preview Lorem Ipsum-nya pun langsung terlihat. Patut dicoba!
Font gratis di betterfonts
13. Iconfinder.com
Tampilan awalnya yang seperti mesin pencari Google langsung memikat. Misal, saya mencari ikon-ikon yang berhubungan dengan blog, maka cukup ketikkan kata kunci ‘blog’ di kotak pencarian dan Enter. Dan untuk lebih bebas menggunakannya, pilih opsi ‘Allowed for commercial use (No link required)‘ di menu drop-down sebelah kanan.
Ikon gratis di iconfinder
14. PSbrushes.net
Meski bergaya minimalis, situs ini cukup nyaman dan lengkap tuk mencari brush-brush yang ingin diunduh. Koleksi brush dikelompokkan berdasarkan tema di sidebar sebelah kiri situs.
Download brush gratis di psbrushes
15. Qvectors.net
Di sini tersedia beragam koleksi vektor gratis siap unduh. Caranya pun tak berbelit-belit, tinggal memilih kategori vector, melihat preview-nya dan file vektor langsung bisa diunduh.
Vektor gratis di Qvectors
Itulah 15 situs gratisan yang biasa saya kunjungi dan obrak-abrik untuk sekedar mencari inspirasi dan mengoleksi item-item freebies-nya. Bagaimana dengan Anda, punya tambahan situs yang lain yang bisa dibagi di sini? Share, please



Sumber : http://darinholic.com/15-situs-gratisan-untuk-inspirasi-desainer-grafis.html:)
Previous
Next Post »
0 Komentar